Rabu, 22 Oktober 2014

Wow, Ternyata Kawasaki numpang jualan di websitenya Bajaj di India !!

Website Kawasaki Indonesia
Salam Cakbro !! :)

Klo di Indonesia Bajaj bekerjasama dengan Kawasaki Motor Indonesia dalam memasarkan produk bajaj  yaitu Pulsar 200NS , dalam kerjasama tersebut kawasaki akan memasarkan pulsar 200NS melalu jaringan showroomnya dengan kata lain Bajaj dompleng penjualan di dealer Kawasaki . Sehingga jika para biker yang berminat membeli produk bajaj terutama pulsar 200NS  ( sementara hanya tipe ini yang dipasarkan oleh Kawasaki Indonesia ) bisa membeli di dealer Kawasaki yang tersebar di seluruh Indonesia.
Tidak hanya masalah penjualan termasuk masalah pasokan sparepart dan suku cadang serta service sekarang dilakukan di dealer dan bengkel Kawasaki.

Lain halnya di India cakbro , Pihak Kawasaki yang terkesan malah ndompleng ke Bajaj. Ini seperti yang terlihat di websitenya Bajajauto.com yaitu website resmi Bajaj. weleh-weleh la kok malah kebalik ini gimana ya ? :O

Website resmi Bajaj India

Website Bajaj dengan kawasaki ninja 
Di website Bajaj tersebut terlihat produk kawasaki juga ikut dipasarkan oleh pihak bajaj yaitu Kawasaki ninja 300 dan ninja 650R , tidak terlihat produk kawasaki yang lain, hanya ada dua produk saja.

Ternyata tidak hanya kawasaki yang bekerjasama dengan Bajaj India terlihat juga merk KTM Austria. tidak seperti Kawasaki yang produknya langsung dipajang di situs tersebut, KTM hanya berupa link yang jika di klik akan mengarahkan ke website resmi KTM yaitu www.ktm.com


Mungkin Juga Kawasaki merasa bahwa di India mereka merasa telah terbantu oleh Bajaj dalam memasarkan produk Kawasaki , sehingga di Indonesia giliran Kawasaki yang membantu bajaj. 
Istilahnya kerjasama yang saling menguntungkan dan saling meng-kover karena untuk bersaing dengan merek merek yang sudah mapan sangat berat.
Hal ini juga yang dialami BAI ( bajaj Auto Indonesia ) yang telah merasakan beratnya persaingan di Indonesia, sehingga memaksa Bajaj untuk menghentikan segala operasinya dan lebih memilih bekerjasama dengan kawasaki yang telah memiliki jaringan dealer dan bengkel yang banyak di indonesia dengan menitipkan produknya untuk dipasarkan oleh kawasaki.

Wes apapun bentuk kerjasamanya yang penting bisa jualan terus dan pasokan sparepart lancar konsumen juga senang :) .
bukan begitu cakbro ! .....Bukan =D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar